Senin, 23 Januari 2012

Frequently Asked Questions


Q: Diet hamster yang seimbang itu bagaimana?

Diet yang seimbang menyediakan semua bahan yang diperlukan untuk menjaga hamster tetap dalam keadaan sehat. Beberapa makanan memeMukan tambahan dan makanan lain sehingga tubuh bisa memanfaatkan makanan-makanan itu secara efektif.
Bahan pokok untuk diet seimbang adalah:
1. Protein
2. Kaibohidrat & Lemak
3. Vitamin
4. Mineral
5. Air Putih
Penjelasan:
1. Protein
Sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan terutama sangat penting bagi hamster yang sedang mengandung dan anak-anak hamster. Sumber protein yang baik adalah barleys (semacam gandum yang dipakai untuk bir). kacang-kacangan, jagung. buncis, gandum & kacang polong.

2. Karbohldrat & Lemak
Menyediakan energi dan panas tubuh, tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan akan disimpan di tubuh sebagai lemak yang dapat mengakibatkan kegemukan, yang akan menyebabkan masalah untuk perkembangbiakan dan masalah kesehatan. Sumber karbohidrat antara lain : gula. ragi, kentang dan susu. Sumber karbohidrat yang juga merupakan sumber lemak antara lain : barleys (semacam gandum yang dipakai untuk bir). jagung. dan gandum.

3. Vitamin
Hanya sedikit vitamin yang dibutuhkan tetapi mereka sangat dibutuhkan agar hamster anda tetap sehat. Kekurangan vitamin dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan.
- Vitamin A
Sumber : Wortel, dandelions (semacam rumput yg bunga kuning), sayuran hijau & hay.
Akibat jika kekurangan: Diare, pertumbuhan yang lambat.
- Vitamin B
Sumber: Bakteri, gandum, lagi, daging & hati.
Akibat jika kekurangan: Diare, pertumbuhan yang lambat.
Vitamin B berpengaruh ke system syaraf & pemberian secara teratur dapat mengobati stress secara efektif. Salah satu penyebab utama banyak penyakit, terutama wet tail.
- Vitamin C
Sumber: Sayuran & buah-buahan segar.
Akibat jika kekurangan: Penyakit kulit (kudis) & tubuh yang membengkak.
Vitamin D
Sumber: Minyak ikan, bakteri gandum & sayuran hijau.
Akibat jika kekurangan: Rakhitis.
Vitamin E
Sumber: Bakteri, gandum & sayuran hijau.
Akibat jika kekurangan: Bulu menjadi kusan & sistem reproduksi yang buruk.

4. Mineral
Mineral juga hanya dibutuhkan dengan jumlah yang sedikit. Sumber mineral antara lain: Susu, sayuran & biji padi.

5. Air Putlh
Sebaiknya diletakkan di dalam botol air hamster dibanding diletakkan di wadah karena air di dalam wadah dapat dengan mudah ditumpahkan.
 Diet Yang Sehat = Hamster Yang Sehat
 Hamster akan memakan apa saja yang disuguhkan kepada mereka. Dan mereka akan tetap memilih gaya hidup. naluri. metabolisme dan kebutuhkan nutrisi sama dengan pendahulu mereka. Karena hamster liar tinggal di daerah padang pasir, maka bahan pokok diet mereka (di alam) terdiri dari biji padi yang ditemukan di tanah lapang terdekat, sayuran tersedia di kebun/sawah petani lokal, serangga & rumput liar. Hamster yang dipelihara juga akan berkembang dengan memiLiki kebutuhan diet yang sama dengan rekan liar mereka.
Ketika semua kebutuhan dasar nutrisi telah disediakan setiap hari, hamster akan memilih biji-bijian mana saja yang dia butuhkan untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Jika anda perhatikan maka anda akan menyadari kalau sisa biji-bi|ian yang terdapat di wadah makan sedap harinya akan berubah-ubah (hal ini akan teilihat lebih jelas pada hamster betina yang sedang mengandung atau menyusui). Hamster menyukai treat (makanan selingan) secara berkala seperti hewan kebanyakan; tetapi treat yang diberikan harus dipilih. Pilih treat yang menyediakan nutrisi tambahan bagi kebutuhan diet mereka seperti sayuran dan buah-buahan segar.
Q: Usia kimpoi hamster pada saat mereka umur berapa?
A:

- Campbell 2 bulan
- Winter White & Hybrid 3 bulan
- Roborovski 6 bulan

Q: Bagaimana caranya menjodohkan sepasang hamster dewasa?
A: 

Apabila kedua hamster dulu pernah mempunyai pasangan, ada baiknya melakukan pembersihan diri terhadap hamster-hamster yang akan dijodohkan. Caranya: cukup mengasingkan hamster sendirian selama kurang lebih satu minggu. Hal ini dilakukan supaya bau dari pasangan mereka yang ada di tubuh hilang. Bedding yang dianjurkan untuk pembersihan diri adalah pasir zeolit nomer satu atau dua. Tapi kalau tidak ada, serbuk juga boleh.

Setelah melewati masa pembersihan, tibalah saatnya untuk melakukan penjodohan. Caranya: sediakan kandang baru yang cukup dengan bedding yang baru pula. Masukan hamster jantan terlebih dahulu ke dalam kandang tersebut. Biarkan hamster jantan mengenali kandang & membauinya selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu barulah masukan si hamster betina.

Tips:
Sebaiknya ukuran hamster jantan lebih besar daripada hamster betina. Hal ini untuk memudahkan hamster jantan menguasai hamster betina. Pastikan usia jantan & betina memasuki usia siap kimpoi.

Nanti akan ada sedikit ribut-ribut pada saat hamster disatukan. Jika si jantan kalah/terintimidasi maka hamster tersebut tidak berjodoh. Sebaiknya ganti jantan yang lain karena tidak akan terjadi proses perkimpoian jika si jantan kalah dengan betina. Jantan harus bisa menguasai & mengintimidasi betina. Amati dari jauh pada saat proses perkimpoian.

Jika mulai terjadi pertengkaran lebih:
Berikan snack agar perhatian keduanya teralihkan & makan berdua.

Masa birahi hamster Campbell & Winter White Hybrid adalah setiap 4 hari.
Jadi kalau cermat mengamati, bisa lebih mudah mengawinkan mereka.

Q: Bolehkah kita mengkimpoi silangkan hamster jenis Winter White dengan Campbell?
A: 

SANGAT TIDAK BOLEH! Hal tersebut diharamkan di dunia perhamsteran. Selain merusak genetika asli hamster, tindakan tersebut dianggap TIDAK BERMORAL! Resiko yang bisa ada antara lain induk betina akan mati (karena rahim Winter White & Campbell itu beda ukuran), anak yang mati, anak cacat & mati, dll. Jika ente seorang Hamster Lover, ente tidak akan melakukan kegiatan yang bisa membahayakan hamster kesayangan ente.

Q: Cara untuk mengetahui bahwa hamster betina kita itu sudah hamil bagaimana?
A: 

Perutnya seperti bohlam & puting susu terlihat. Lalu sifatnya bermacam-macam ada yang bertambah agresif & adapula yang bertambah malas.

Q: Apakah perlu untuk memisahkan hamster jantan pada saat hamster betina sedang melahirkan?
A: 

Sebenarnya jantan yang baik itu suka membantu proses persalinan pasangannya, ikut membantu menjaga anak2nya. Masalahnya, jantan itu ga kenal waktu kalo mau kimpoi (siklus libido hamster itu tiap 4 hari), jadi dalam waktu 1x24 jam setelah betina melahirkan bias terjadi perkimpoian. 90% kemungkinan betina akan hamil kembali dalam waktu 2 minggu kedepan. Kalau itu terjadi, maka anak sebelumnya yang masih berusia 2 minggu tidak akan disusui oleh induk betinanya jika melahirkan kembali. Biasanya anak lahiran kedua (anak sundulan) mempunya fisik yang lebih kecil dari bayi hamster umumnya. So, sebaiknya jantan dipisah sebelum induk hamster melahirkan. Selain mengurangi resiko anak sundulan, resiko over populasi juga bisa di control.

Q: Nanti kalau hamster jantan tidak dipisah, anak-anak hamster yang baru lahir akan dimakan apa tidak?
A: 
Itu persepsi yang salah! Jantan tidak akan memakan bayi hamster jika induk betina tidak memulainya (induk betina hanya memakan bayi hamster yang sudah mati, begitu juga jantannya). Jadi mitos tentang jantan makan bayi hamster itu menyesatkan.

Q: Mengapa induk hamster betina memakan anak hamsternya yang baru lahir?
A: 
Induk hamster memakan bayinya ada beberapa sebab:

1. Induk hamster kurang gizi karena selama dipelihara tidak mendapatkan makanan yang punya gizi seimbang (hanya dikasih makan kuaci aja, beras aja atau racikan asal2an). Pada saat melahirkan sang induk kehilangan banyak tenaga jika induk kekurangan gizi hal itu bisa memperburuk keadaannya. Biasanya sang induk tidak kuat untuk menyusui (proses menyusui banyak menyedot nutrisi dalam tubuh induk) sehingga anak2nya dibiarkan terlantar. Anak yang mati terlantar tersebut akan dimakan oleh induknya untuk memperoleh nutrisi yang dibutuhkan (bayi hamster mengandung nutrisi yang tinggi). Ada juga anak yang mati saat dilahirkan, kemudian dimakan oleh induk untuk menambah nutrisi.

2. Lemah atau cacat genetik sehingga dibiarkan mati. Induk hamster bisa tau mana anaknya yang lemah atau cacat secara genetik. Biasanya anak tersebut dipisahkan oleh induknya & tidak disusui. Itu adalah naluri alami dari hamster. Sang induk terpaksa harus mengurangi "beban" demi menyusui keturunannya yang lebih "siap" hidup. Jika induk kekurangan gizi, maka anak yang mati tadi akan dimakan. Jika induk cukup gizi anak yang mati tadi tidak akan dimakan, kecuali mayat bayi tersebut mulai membusuk karena tidak diangkat oleh pemiliknya, akan dimakan induknya guna menghindari penyakit yang disebabkan oleh pembusukan tadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar